Welcome to my Home.... share and enjoy your life with me.

It's all about my life, my freinds and my family.

Rabu, 17 Maret 2010

Pulau Dewata Bali Vs Pulau Sikuai , Tanah Lot Vs Pantai Carocok, Pantai Padang Vs Pantai Kuta, dan cantikan mana?


Bali….hmmmm siapa yang tidak kenal keindahan Pulau Dewata ini? Tidak hanya turis domestic tapi juga turis mancanegara, yang lebih parahnya para bule sering berkata, Indonesia itu dimananya Bali??? O damn….segitunya kah pesona keindahan Bali??? Let’s check it out!!

Sekilas tentang Bali :
Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Ibu kota Bali adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat seni terletak di Kabupaten Gianyar; sedangkan Kuta, Sanur, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan. Luas wilayah Proinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik Indonesia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)











Kuta, Pantai yang Wajib Dikunjungi
Pantai Kuta, pantai yang terkenal karena sunsetnya, selalu menjadi pilihan utama bagi wisatawan domestik maupun asing yang berlibur ke Bali. Pantai dengan pasir putih ini membentang panjang sampai ke kawasan airport Bali, Gusti Ngurai Rai dan kawasan wisata Seminyak atau Kerobokan.. Di siang hingga sore hari, Pantai Kuta banyak digunakan sebagai kegiatan surfing, sunbathing, dan kegiatan santai lainnya. Di sore hari, banyak orang yang menghabiskan untuk bermain bola atau hanya sekedar menikmati indahnya sunset pantai Kuta. (like Me.. J )
(hmmmm bagus….. J )













keindahan Sunset di Kuta, Bali

Tanah Lot
'Tanah Lot' adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia yang terkenal dengan Pura yang menjorok ke arah lau, yang bisa dicapai dengan berjalan kali jika pasang sedang surut. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Di Pura Tanah Lot ini dapat disaksikan matahari tenggelam (sunset) di ufuk Barat dengan puranya yang berdiri di atas karang di tengah laut. Di pura ini dijaga oleh 2 "Duwe" yakni ular berwarna hitam dan putih yang tiap hari kelihatan didampingi oleh pemangkunya (orang suci pengemong pura).
Foto, Sedang Pasang, U see? J


















Pura Tanah Lot ini merupakan
bagian dari pura Dang Kahyangan.


Pura Tanah Lot merupakan pura laut
tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut
(seperti gambar di sebelah J )















Tanah Lot dalam keadaan Surut, masyarakt pergi sembahyang ke Pura
Lalu bagaimana dengan Pantai Padang,Pantai Carocok dan pulau Sikuai??? “Hmm dimankah itu?” Mungkin hampir semua orang akan berucap.


Pantai Padang


Jika ingin mengunjungi objek wisata Pantai Padang sangatlah mudah. Karena terletak hanya beberapa meter saja dari pusat kota,akses ke pantai cukup dekat. Bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki beberapa menit saja. Pantai Padang yang memanjang dari utara ke selatan, memiliki hamparan laut nan biru dengan deburan ombak yang bergulung, sementara di kejauhan terlihat beberapa pulau dengan pasirnya yang menawan. Orang Padang menyebutnya Tapi Lauik (tepi laut ), atau Taplau (singkatan tapi lauik) istilah anak muda di Padang.
Begitu juga dengan para penyuka parasailing dan selancar, larut dalam deburan ombak Pantai Padang. Kearah Muara,sekumpulan anak muda tengah asyik bermain basket dan bercengkrama sesamanya. Tak jauh dari sana, penjual telur asin dan talua katuang (telur penyu) disinggahi para pembeli yang ingin merasakan telur yang konon berkhasiat bagus untuk kesehatan itu.
Di ujung Pantai didaerah Muara Padang terdapat Gunung Padang yang agak menjorok ke laut. Digunung ini terdapat kuburan Siti Nurbaya dan beberapa lubang pertahanan tentara Jepang pada perang dunia II, masih ada beberapa meriam peninggalan perang di sekeliling Gunung Padang


Sekilas tentang Pantai Carocok


Pantai carocok ini Terletak disebelah barat kota Painan, berjarak kira-kira 2 km dari Pasar Painan. Painan adalah ibukota Kabupaten Pesisir Selatan sekaligus ibukota kecamatan IV Jurai, jaraknya dari kota Padang hanya ± 75 Km. Dalam kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan ini Juga terdapat sebuah Pulau Batu Karang yang tersambung dengan ujung Bukit Langkisau.Yaitu Pulau Batu Kareta
Dahulu Pulau Batu Kareta dapat dicapai hanya Pada saat air Pasang surut, akan tetapi sejak dibangunnya Jembatan oleh Pihak PEMKAB Pesisir Selatan Pulau Batu Kareta ini dapat dicapai kapan saja .Tidak itu saja sekitar 200 meter Kebarat Pantai carocok ini terletak sebuah pulau kecil yang bersejarah,yaitu Pulau Cingkuk. Dipulau ini dapat kita jumpai bekas-bekas Reruntuhan Benteng Portugis. (Menurut Sejarah Pertama kali Portugis menjejakan kakinya di Pesisir Pulau Sumatera adalah di Pulau Cingkuk ini)
Untuk mencapai pulau ini tidak susah,anda cukup berdiri di ujung jembatan wisata pantai Carocok Painan yang Berada dihadapan Pulau Cingkuk, Beberapa orang tukang perahu bermesin tempel akan menghampiri anda, menawarkan jasanya untuk mengantarkan anda Ke Pulau Cingkuk.cukup dengan biaya Rp.5.000,- per orang (biaya bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya hahahha)
















Pantai Carocok di kala senja…

PULAU SIKUAI
Sikuai adalah salah satu pulau di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Sebuah pulau kecil (40HA) dengan pemandangan yang memesona. Apakah anda pernah menonton The Beach yang dibintangi oleh Leondardo Di Caprio? Pada satu adegan Leonardo berlari dan tiba di tepi pantai Maya Bay di depannya terpancang karang raksasa dan gradasi air laut dari biru muda ke biru pekat. Mungkin itulah gambaran yang sedikit sama mengenai apa yang akan di dapat di pulau Sikuai.Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terhampar disepanjang pantai barat Sumatera. Dapat dicapai hanya 45 menit dengan perahu dari pelabuhan Muara Padang.( tergantung kecepatan speedboutnya juga sih….kalo ngebut bisa lebih cepat…hehehe)
Sunset di sikuai.
Sikuai kini dikembangkan menjadi satu objek wisata bahari unggulan di Kota Padang. Pada pulau ini wisatawan bisa melakukan sejumlah aktivitas marina seperti snorkeling, diving, memancing, Canoeing, Banana boat, melihat sunset atau hanya berenang ( tentu saja ) di atas jernihnya laut Pulau Sikuai sambil menikmati indahnya warna-warni biota laut termasuk terumbu karang.


Setelah kita berkelana di kedua pulau dan pantai tersebut, tidak banyak perbedaan yang mencolok. Di mana2 di setiap pantai kita pasti bisa berenang dan berjemur, menyaksikan matahari menghilang diufuk Barat, sama sama indah, jadi……dimanakah letak bedanya? Dan menapa Bali begitu fenomenal dimata dunia melebihi Indonesia, sampai-sampai Julia Robert shoting film terbarunya pun di Bali ( Eat, Pray, Love).
Masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu (Penduduk Bali kira-kira sejumlah 4 juta jiwa, dengan mayoritas 92,3% menganut
agama Hindu. Agama lainnya adalah Buddha, Islam, Protestan, dan Katolik) sangat kontras dengan masyarakat Minang Kabau yang hampir semuanya beragama Islam ( beberapa beragama Kristen, Hindu dan Bunda, hanya pendatang ). Mungkin dari sisi budaya timur yang masih kental dimasyarakat minang yang mengakibatkan lambatnya promosi wisata. Satu-satunya yang beda dari Bali adalah kebebasan. Di Bali, semua bebas, mulai dari cara berpakaian, pergaulan, bahkan makanan.











(mungkin ini salah satu penyebabnya, tentu saja menurut saya, heehhe).



(yang kayak gini nih....banyak di Bali, mungkin karna itu juga kali ye....hehhhe :-)





Tidak ada komentar: